Jumat, 21 Desember 2012

PARIS – KBRI – YASUDAH – SOLO KONSER - 3 Sep 2012

Berikut in kopian berita dari:   PARIS - KBRI - YASUDAH - SOLO KONSER - 3 Sep 2012


Yasudah beraksi di atas panggung

Pada hari Senin tanggal 3 September 2012 KBRI Paris bekerjasama dengan Asosiasi Franco-Indonésie (AFI) Pasar Malam Paris telah menyelenggarakan pergelaran musik kontemporer Yasudah dari Surakarta. Pementasan yang berlangsung di Balai Budaya KBRI Paris tersebut dihadiri oleh sekitar 100 tamu undangan, terdiri dari kalangan warga masyarakat Perancis khususnya pencinta musik kontemporer. Musik kontemporer besutan musisi Yasudah ini merupakan sebuah pergelaran musik kontemporer yang fenomenal dan baru pertama kali digelar di Perancis. Karena itu, kehadiran Yasudah di Perancis mendapat sambutan hangat kalangan pecinta musik kontemporer setempat.

Pertunjukan musik kontemporer ala Yasudah yang dihadiri oleh pendiri AFI Pasar Malam Mrs. Johanna Lederer tersebut dibuka oleh Duta Besar RI Paris Rezlan Ishar Jenie. Kegiatan pementasan diawali dengan sajian presentasi musisi Perancis Eric Antoni. Dalam presentasinya Eric Antoni mengulas keunikan sosok musisi Yasudah dan karakteristik karya-karya musik kontemporer ciptaannya. Seusai presentasi musisi Eric Antoni, pergelaran dimulai dengan suguhan tembang-tembang Jawa versi Yasudah.


Yasudah meng-Konduk SIR-P1 = 'Spontan Inter Respon - Paris 1' (1 dr 2, dr Sembah Swara)
dg partisipasi para Seniman Perancis.

Di mata penggemar musik, penampilan musisi Yasudah berbeda dengan pementasan musik pada umumnya, termasuk jenis peralatan musik yang dipergunakannya. Peralatan musik yang ditampilkan merupakan perpaduan peralatan musik moderen seperti piano, organ, gamelan Jawa, dan angklung, dengan benda-benda tertentu seperti kursi, papan partitur, dan potongan bambu. Sebagai sebuah atraksi solo, musisi Yasudah menghadirkan nuansa harmoni musik khas yang sangat menggoda rasa khususnya bagi  kalangan peminat jenis musik karya-karya musisi asal Surakarta ini. Khusus alat musik  piano, Yasudah mengekspresikan permainan pianonya secara lebih berani seperti menggesek-gesek string piano sembari menghentak-hentakan pedal piano.

Dalam pementasan ini Yasudah juga menampilkan alat musik karyanya berupa potongan bambu dengan alat pemukul yang terbuat dari lempengan batang bambu berbentuk gergaji. Disamping itu, penampilan musik Yasudah juga bersifat interaktif dengan mengundang para pengunjung ke panggung untuk secara bersama mengalunkan irama  musik karya sang musisi.
Pada pergelaran ini para pengunjung juga menikmati suguhan kua-kue tradisional khas Indonesia seperti lemper, tahu isi dan sejenisnya. Suguhan kudapan khas nusantara tersebut semakin menambah meriah suasana pementasan musik kontemporer ini.

Pementasan musik kontemporer ala musisi Yasudah merupakan rangkaian dari program pementasan musik Indonesia di Paris. Selain musisi Yasudah, sejumlah musisi/grup musik asal Indonesia telah berkesempatan melakukan pementasan di Paris, seperti The White Shoes and the Couples Company, musisi Sasando Jackob Hendrick Bullan dan musisi/artis Jazz Purwacaraka dan Syaharani.


News:


#####

Sementara itu
SEMBAH SWARA persembahan Yasudah (meski tak disebutkan sebagai titel / tajuk-nya...)
dapat dikenali dari 8 Warna-warni bahan/kain/material , dan grup 8 lain-lainnya...
Ini dapat hanya di ekspos pada seting panggung atau dapat juga digunakan sesuai spesifik dan konteks-nya.

Silahkan simak pula: ECHOS DU CONCERT...

Trimakasih kepada Susana (istriku), Chere Johanna, Yang Terhormat Duta Besar – Bp. Rezlan Ishar Jenie beserta Ibu, KaBag Informasi & Sosial Budaya - Bp. Arifi Saiman, seluruh staf KBRI – di Paris, Ibu Nanda & Bp. Jean Jacques, Mb. Kadek, Mas Christhope, serta kepada yang tak sempat tersebut di sini, atas segala suport hingga semua yang tercapai ini.
 Mr. Eric Antoni atas Analisis - Kesimpulan - Uraian dan Respeknya.
Tak lupa Mr. Francois Picard – terutama atas termaktubnya "karya saya" dalam artikel (sejak th 2000):


Tuk selanjutnya..., SmangArt datang pada SEMBAH SWARA 2013... Matur Nuwun!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar